SEKOLAH ADIWIYATA



SMAN 4 Pekalongan Sekolah Adiwiyata

        Salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup adalah program adiwiyata. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.


Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

         Tujuannya yaitu menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah  di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

          Untuk menjadikan sekolah yang Peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.
        SMAN 4 Pekalongan adalah salah satu sekolah yang terpilih menjadi sekolah adiwiyata . Hal ini jelas terlihat dari letak yang strategis, banyak tanaman yang terdapat di taman sekolah sehingga terlihat tampak hijau. Berikut adalah beberapa taman yang dimiliki SMAN 4 Pekalongan :

   Taman bagian depan sekolah

  
     Taman bagian depan kelas

  

 Taman utama

   

  Kebun Toga

   

Selain itu, disetiap depan kelas tersedia keran air yang dilengkapi sabun dan tisu untuk keperluan kebersihan para siswa dan guru serta tempat sampah organik dan anorganik sehingga kebersihan tetap terjaga.

   
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / SEKOLAH ADIWIYATA